SMS Gratis Online Indonesia

Silahkan gunakan fasilitas sms gartis unlimited ini ke siapapun dan di manapun !!
( For All Operators GSM / CDMA )


Thx to :
Free SMS Gratis Indonesia

Chat Room

Trik Membuat Animasi Bola Memantul Pada Macromedia Flash 8 Pro

|

Tips kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat animasi bola memantul pada macromedia flash 8 pro.

  1. Pada jendela macromedia flash terdapat library, pada library klik icon dibawah creat new symbol, pilih movie dan beri nama bola.
  2. Setelah tampil jendela pada create new symbol gunakan tool oval untuk membuat sebuah lingkaran pada tool box.
  3. Setelah mengklik tool tadi drag pada stage frame 1 layer 1 (layer 1 beri nama bola) hingga terbentuk menjadi sebuah lingkaran.
  4. Kemudian pilih warna yang kamu inginkan toolbox fill color.
  5. Setelah yang diatas di buat, klik icon new layer untuk membuat cahaya kecil pada bola tersebut agar terlihat lebih hidup kemudian beri nama "cahaya".
  6. pada layer 2 (cahaya) klik pada frame 1 kemudian pilih tools oval lagi dan stroke color pilih none (/) lalu drag pada stage hingga membentuk sebuah elips kecil dan beri warna putih.
  7. Sesuaikan gambar cahaya tersebut dengan gambar sebuah lingkaran yang telah di buat tadi hingga terlihat bola tersebut memiliki cahaya kecil.
  8. Setelah kedua gambar tersebut terlihat sesuai kembali ke scene 1.
  9. Pada scene 1 layer 1 (layer 1 beri nama bola) frame1, drag pada library gambar bola yang telah di buat tadi ke stage.
  10. Buat new layer dan beri nama bayangan untuk membuat sebuah bayangan dari sebuah bola tersebut.
  11. Kemudian pada layer 2 (bayangan) klik pada frame 1, tapi sebelumnya klik terlebih dahulu kita dupliakatkan gambar bola tadi dengan cara klik kanan pada bola tadi lalu pilih "duplicate symbol" kemudian double klik pada duplikat symbol tersebut sehingga masuk pada jendela edit symbol (nama pada duplikat dari bola tersebut ganti dengan bayangan).
  12. Ganti semua warna kedua gmabar pada masing-masing layer tersebut mnjadi warna abu-abu (silver).
  13. Setelah warnanya diganti kembali ke scene 1 dan drag symbol bayangan duplikat dari bola tadi ke stage layer 2 (bayangan) frame 1 dan sejajarkan posisinya dengan gambar bola pada layer 1 (bola) dan letakan dibawah bola tersebut dengan jarak tertentu lalu ubah bentuknya menjadi sebuah elips.
  14. Setelah semuanya dibuat klik kanan kedua layer tersebut pada frame tepat timeline 25 (penyeleksian timeline bebas) pilih insert keyframe.
  15. Lakukan kembali langkah pda no 14 tadi tepat pada timeline 50.
  16. Setelah posisi-posisi semua framenya dibuat kemudian ubah ukuran dan jarak dari bola dan bayangan bola tersebut pada keyframe 25 (maksud dari ubah jarak, bola digeser ke atas dan bayangan ke bawah, usahakan psisi pda saat menggeser tidak rubah agar animasi sempurna).
  17. Kemudian pada layer 1 (bola) dari frame 0-25 beri motion dengan cara klik kanan antara jarak dari 0-25 pilih create motion.
  18. Lakukan langkah 17 tadi pada layer 1 (bola) dari frame 25-50 dan lakukan juga pada layer 2 (bayangan).
  19. Setelah semuanya selesai dan diberi motion kini simpan projectnya (.fla)
  20. Lihat hasilnya pada test movie dengan cara klik menu control lalu pilih test movie, kemudian close kembali jendela test movie tersebut (secara otomatis akan tersimpan juga animasinya dengan ekstensi .swf).
  21. " SELAMAT MENCOBA " (by : Chiko Zip)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar